Big Data adalah suatu trend yang mencakup area yang luas dalam dunia bisnis dan teknologi. Big Data menunjuk pada teknologi dan inisiatif yang melibatkan data yang begitu beragam, cepat berubah, atau berukuran super besar sehingga terlalu sulit bagi teknologi, keahlian, maupun infrastruktur konvensional untuk dapat menanganinya secara efektif. Dengan kata lain, Big Data memiliki ukuran (volume), kecepatan (velocity), atau ragam (variety) yang terlalu ekstrim untuk dikelola dengan teknik konvensional.

Penjelasan paling mudah dimengerti tentang big data adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang lebih baik. Big data bisa dibilang sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mengerti jumlah data yang cukup besar yang datang setiap harinya.

Big data mempunyai hukum 3V. Apa itu 3V?

Volume. Komponen ini memfungsikan big data sebagai pengumpul data dari berbagai sumber. Data tersebut bisa saja berupa transaksi bisnis, media sosial, hingga data yang didapatkan secara otomatis dari sensor mesin.

Velocity. Dengan banyaknya data yang masuk, maka dibutuhkan kecepatan tinggi untuk mengatasi arusnya. Data-data tersebut nantinya akan didistribusikan secara tepat baik melalui pemrosesan hardware maupun software supaya bisa langsung disajikan secara real-time.

Variety. Komponen ini menunjukkan bahwa data yang didapatkan bisa berupa variasi-variasi. Baik yang terstruktur maupun tidak. Bentuknya bermacam-macam seperti data numerik dalam database, data dokumen, email, video, audio, transaksi keuangan, dan lain-lain.

Sejarah Big data

Big data pada mulanya dikenalkan oleh seorang ahli analis industri bernama Doug Laney pada tahun 2000-an. Laney menyampaikan permasalahan utama dari suatu data yang besar yang saat ini menjadi karakteristiknya, yaitu 3V (volume, velocity, dan variety). Perkembangan data kemudian melonjak pesat ketika media sosial atau berbagai layanan online lainnya mengumpulkan berbagai data dari usernya, facebook dan youtube misalnya.

Kemudian pada tahun 2005, berbagai pengembangan software open source untuk menganalisis data ini dibuat, seperti Hadoop dan NoSQL. Pada saat ini pula data terus tumbuh dan berkembang sangat besar.

Adanya teknologi big data inipun membuat data yang sangat besar ini dapat dianalisis lebih baik, teknologi ini memungkinkan data yang besar diolah secara murah dan juga mudah disimpan.

Kemudian big data terus berkembang pada era perkembangan IoT (Internet of Things).

Pada era ini berbagai data user dikumpulkan pada server untuk mendapatkan informasi yang berharga dari para konsumen IoT.

Bisa dibayangkan suatu daya yang terkumpul dari satu orang saja bisa hingga ratusan bahkan ribuan. Belum lagi data yang terkumpul dari seluruh pengguna di Indonesia. Tentunya, apabila hal ini tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan suatu kelambatan. Data yang ada dalam jumlah besar berusaha dibuat agar menjadi lebih ringan, ringkas dan bisa dibawa, disimpan tanpa memakan ruang yang besar.

Fungsi Big Data Untuk Bisnis Anda

Manfaat big data mulai ditemukan seiring perkembangan teknologi analisis pemroses data yang memberikan solusi bagi bisnis untuk menganalisis big data bahkan real time. Hasil analisis ini membantu perusahaan dalam memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang baru yang mungkin bisa dikelola. Hasil analisis big data dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi, dan mendorong pertumbuhan untuk keunggulan yang kompetitif. Dengan mengaplikasikan big data, artinya anda mengumpulkan seluruh informasi terkait pelanggan yang membeli produk anda. Mengerti pelanggan anda adalah cara bagaimana anda menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Mungkin analisis pasar yang anda miliki saat ini bisa mengatakan bahwa bisnis anda sudah menyasar pangsa pasar yang tepat. Namun dengan big data, fakta di lapangan yang berbicara.

Terlepas dari pembahasan diatas jika saat ini Anda \sedang butuh website untuk bisnis Anda?? Tinggal pesan di IMSNet.id sehari website Anda langsung bisa online. MSNet.id menyediakan layanan pembuatan website serta penyedia layanan hosting sesuai kebutuhan Anda. segera pesan website untuk usaha kuliner Anda sekarang juga. Gratis domain dan hosting untuk Anda*.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *