Access point erat hubunganya dengan internet. Setiap tempat kini memerlukan jaringan internet, seperti kampus, rumah sakit, perusahaan bahkan tempat tempat umum kini memerlukan keberadaan internet.  Agar internet menjangkau seluruh area maka dibutuhkan access point. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai akses point. 

Pengertian Access Point

Access point merupakan salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berguna untuk membuat jaringan nirkabel yang sifatnya lokal atau disebut dengan istilah Wireless Local Area Network (WLAN). Pada access point terdapat antena dan transceiver, komponen ini bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Dengan keberadaan access point ini sinyal wifi dapat menjangkau semua ruangan atau area walaupun banyak tembok atau sekat yang menghalangi. Cukup dengan bermodalkan password yang ada pada access point anda bisa menikmati koneksi internet tanpa batas dengan lancar

Cara kerja akses point

Access point bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Ketika sebuah perangkat terhubung pada suatu jaringan maka pada layar monitor akan muncul tampilan permintaan sandi. Selanjutnya access point akan mengatur agar perangkat tersebut bisa terhubung dengan cara mencocokan apakah sandi yang dimasukan ke access point sudah benar atau belum.  Apabila sandi yang dimasukan sudah tepat maka akan memberikan alamat IP ke  perangkat supaya bisa terhubung ke jaringan

Fungsi Access Point
  1. Access point adalah penghubung antar jaringan, yaitu jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel seperti wifi, wireless, bluetooth dan lain sebagainya.
  2. Fungsi access point sebagai penyebar sinyal internet kepada perangkat yang terhubung melalui gelombang radio.
  3. Access point juga dapat digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung.
Tipe akses point

Access Point Mode (AP Mode). Tipe ini umumnya dipakai di tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan kabel.

Repeater Mode. Alat ini dipakai untuk memperkuat sinyal pada tempat-tempat yang sudah memiliki jaringan wireless tapi pemancaran sinyal kurang merata. Repeater mode ini hanya memiliki satu SSID saja yang memungkinkan anda untuk mengakses di seluruh tempat.

Bridge Mode Cara kerja dari bridge mode ini dengan dengan membuat dua jaringan individu dalam satu internet untuk dua grup. Bridge mode ini menggunakan jaringan nirkabel dan menyebarnya dengan menggunakan SSID serta password yang sama. Bridge mode ini mendukung tempat-tempat seperti restoran,kantor bahkan rumah yang menyediakan layanan internet tanpa harus menggunakan sandi.

Client Mode. Client mode banyak digunakan pada smart TV, media player, konsol game dan perangkat lain yang hanya memiliki port ethernet.

Wireless Router Mode. Dengan mode ini anda dapat berbagi satu koneksi internet kabel ke beberapa klien.

AP Client Router Mode.  AP client ini memungkinkan anda untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi koneksi ke yang lain. Tipe ini dipakai bagi wireless station yang membatasi jumlah klien serta mensyaratkan pengisian username dan sandi agar bisa terhubung ke jaringan. Demikianlah pembahasan terkait apa itu Access Point. Maka dari itu, jangan lupa untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain premium yang akan menunjang optimasi pemasaan di ranah digital hanya di IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *