Di artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang apa itu bandwith. Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Dalam jaringan internet, koneksi yang cepat adalah harapan bagi semua pengguna. Maka kali ini kita akan belajar tentang apa itu latency. Karena latency dan bandwidth erat hubungannya.

Apa itu Latency? Latency adalah adalah waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan mili detik. Istilah mudahnya adalah delay/penundaan. Latency merupakan salah satu elemen penting selain bandwidth, semakin kecil latency maka semakin baik. Jadi jika diibaratkan latency merupakan hambatan hambatan yang terjadi ketika penansferan sebuah data.  Jika delay masih dalam hitungan sepersekian detik ini masih wajar, tetapi jika latency sampai hitungan detik, maka ini sudah termasuk high latency. Harus ada beberapa tindakan untuk menyelesaikan masalah high latency ini, salah satunya dengan mencari penyebabnya.

Penyebab latency.
  1. Media transmisi. Setiap infrastruktur jaringan, salah satunya kabel memiliki keterbatasan sehingga menyebabkan latency. Contoh saja kabel jaringan fiber optic, walaupun kecepatannya bisa sampai 10.000 Mbps, masih ada latency walaupun sangat kecil. Jadi semakin jauh jarak pengiriman data Anda maka akan semakin besar latencynya.
  2. Jarak antara client dan server. Semakin banyaknya Hop atau Point of Presence yang harus dilewati data untuk bisa sampai pada tujuan, maka peluang muncul latency akan semakin besar. Hindari membuat konfigurasi jaringan yang rumit sehingga menghambat laju data.
  3. Cuaca . Ketika cuaca buruk, biasanya internet (terutama internet satelit) mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan sinyal dari pemancar sinyal ke satelit mengalami gangguan untuk menembus awan kumulus. 
  4. Frekuensi radio. Hal lain yang menjadi penyebab latency adalah interferensi sinyal radio di sekitar lokasi pengguna. Untuk bisa mentransmisikan jaringan yang bagus perlu mencari area yang bersih dari gelombang radio.Konfigurasi jaringan dan server. Hal ini juga dapat menjadi faktor penyebab latency. Semakin banyak POP (Point of Presence) atau titik akses dari satu tempat ke seluruh internet yang harus dilalui, maka semakin mungkin terjadi
  5. Router. Setiap router membutuhkan waktu untuk melakukan analisis informasi header dari  suatu paket yang diterima. Jadi setiap melewati router baru maka akan meningkatkan waktu latency.

Perlu diketahui bahwa IMSNet.id menjadi salah satu penyedia web hosting Indonesia terbaik yang selalu memberikan akses koneksi yang cepat. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan website silahkan mengunjungi website Kami di www.imsnet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *