Internet Timeline | Credit: Ars Electronica / My Trinh Mülle… | Ars  Electronica | Flickr

Browsing merupakan kegiatan atau suatu aktivitas yang dilakukan di dalam media internet dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak yang bernama web browser atau sering disebut dengan browser. Hampir setiap harinya kegiatan ini terjadi pada kebanyakan masyarakat saat ini. Browsing adalah kegiatan yang bisa kapan saja dengan mudah dilakukan untuk mencari berbagai informasi.

Namun juga banyak kejahatan yang bisa terjadi ketika anda melakukan browsing di internet. Seperti penipuan, hacker, dan pembobolan akun. Makanya anda wajib berhati-hati ketika ingin berselancar di internet. berikut langkah aman untuk berselancar di internet

  1. Jangan sembarangan menggunakan layanan wi-fi gratis.

Bagi Anda yang suka menggunakan fasilitas wi-fi gratis ketika memasuki sebuah tempat umum misalnya rumah makan, cafe bahwan fasilitas publik ada baiknya untuk anda berhati-hati atau bahkan mengurangi penggunaan fasilitas wi-fi gratis tersebut. Apalagi ketika sedang terhubung ke jaringan wi-fi tersebut anda melakukan transaksi online seperti m-banking. Bisa jadi Anda akan menjadi sasaran kejahatan cyber

  1. Jangan lupa untuk selalu logout akun

Anda wajib selalu logout akun setiap akses akun, baik itu email, media sosial, akun online shop, portal pembayaran tagihan, dan sebagainya. Apalagi jika kita mengaksesnya melalui komputer/laptop milik umum/bersama. Kemungkinan kejahatan cyber akan lebih besar, karena banyak yang menggunakan. Tak sedikit sejumlah layanan browser menawarkan opsi password manager. Dimana anda tidak perlu memasukkan username dan password ketika masuk kedalam akun dimana username dan password anda sudah di simpan di password manager

  1. Selalu update antivirus Anda

Memasang program antivirus pada komputer Anda adalah sebuah keharusan hal ini untuk melakukan  proteksi pada data dan software komputer. Ada banyak jenis antivirus yang bisa dipasang pada komputer, bahkan program antivirus gratis. Antivirus juga berfungsi untuk memblokir situs-situs yang memiliki harm content, seperti konten dewasa dan berbahaya. Setelah memiliki antivirus, jangan lupa untuk selalu melakukan update program.

  1. Hapus History/ riwayat browsing Anda

Jika laptop/ pc Anda sering digunakan oleh orang lain maka Anda perlu melakukan penghapusan riwayat browsing anda. Kecuali laptop anda tidak pernah digunakan orang lain. Jika jatuh ke orang yang tidak tepat, informasi data pribadi, username, bahkan password Anda dapat disalahgunakan.

  1. Perhatikan url

Perhatikan url anda ketika melakukan aktifitas browsing perhatikan apakah url anda menggunakan http atau https.  url yang menggunakan https  memiliki kelebihan di bidang lapisan keamanan. Huruf “S” artinya Secure, berarti situs ini telah menggunakan lapisan keamanan SSL. Anda tak perlu khawatir jika akan melakukan upload informasi pribadi terkait data diri, password, dan kartu kredit.

  1. Amankan identitas Anda

Jangan berikan nama lengkap, alamat, atau nomor telepon Anda kepada siapa pun yang tidak Anda kenal ataupun percayai. Hal ini penting ketika Anda berada dalam ruang obrolan, menegosiasikan kerja/kesepakatan, atau berencana untuk kopi darat dari situs pertemanan/kencan.

  1. Berhati hati dengan penipuan di internet

Sebagai contoh  ada yang mengajak Anda untuk bermain lotre dari luar negeri. Berhati-hati juga dengan surel yang meminta Anda mentransfer uang dalam jumlah yang besar atau warisan seseorang dari luar negara yang bersangkutan setelah dia menceritakan kisah hidupnya yang menyedihkan.

  1. Aplikasi downloader

Jika kamu sering mendownload film, lagu dan lain sebagainnya di internet, pastinya kamu akan menggunakan aplikasi downloader untuk mempermudah dan mempercepat kamu dalam mendownload bukan? Nah sebelum itu pastikan cek terlebih dahulu aplikasi downloader yang kamu gunakan ya. Selalu gunakan aplikasi downloader yang sudah terpercaya. Sama halnya dengan kamu download langsung dari situs website, pastikan download dari sumber terpercaya dan situs web resmi.

Demikian beberapa informasi mengenai hal hal yang harus diperhatikan ketika melakukan browsing. Buat kamu yang sering browsing di warnet, ada baiknya kamu melakukan restart pada komputer yang telah kamu gunakan untuk browsing. Restart komputer bisa menghapus berbagai history dan juga kata sandi.

Semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan baru untuk Anda. kami ingatkan lagi bahwa IMSNet.id merupakan penyedia layanan web dan hosting terpercaya untuk Anda. kami menyediakan jasa pembuatan website untuk berbagai jenis usaha seperti toko online, company profile, landing page dll. dengan layanan Teknologi keamanan Imunify 360, website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *