5 Tools Gratis Untuk Check Kecepatan Website

speed, internet, high, download, streaming, fast, performance, hosting, website, accelerate, boost, broadband, computer, dashboard, load, mbps, meter, monitor, net, server, speedometer, technology, test, turbo, upload, web, product, graphic design, icon, illustration, electronics, diagram, output device, circle, clock, clip art

Bagi Anda yang mengelola website untuk blog, website forum, company profile hingga toko online sekalipun, maka kecepatan website sangatlah penting. Karena Salah satu faktor penting dan mempengaruhi traffic pengunjung sebuah website adalah kecepatan suatu website. Jika sebuah website mudah dan cepat untuk diakses secara otomatis membuat pengunjung sebuah website nyaman dan “betah” berlama-lama di suatu website. Daftar tools untuk cek kecepatan blog lengkap dengan pengetahuan umum agar performa blog Anda semakin baik. 

  1. GTmetrix

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. Selain itu, GTmetrik juga memiliki fitur “Compare” yang sangat berguna untuk membandingkan kecepatan website kompetitor tanpa perlu susah payah membuka banyak halaman. Selain daripada itu Anda bisa menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

  1. Pingdom

Tools ini juga akan memberikan Anda beberapa laporan seperti rincian berapa lama setiap objek halaman yang diperlukan untuk melakukan download. Tools ini juga akan memberikan saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website. Anda bisa mendapatkan tools ini secara gratis. Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik.

  1. Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight adalah layanan gratis dari Google yang di tujukan buat pengguna website untuk mengetahui, dan mengukur kinerja sekaligus mengukur kecepatan sebuah website jika diakses dari perangkat seluler maupun perangkat desktop. Melalui PageSpeed Insight Anda bisa mendapatkan gambaran akses website dari Google dengan rating yang dibedakan dalam tiga tingkatan, yakni 0-49 untuk skala website lambat / lemot, 50-89 untuk kecepatan akses website rata-rata, serta 90-100 persen jika website Anda sudah memiliki kecepatan mumpuni.

  1. Geek Flare

Dalam laporannya, Geek Flare hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website Anda mulai loading dan di detik berapa halaman website Anda sudah loading secara penuh. Geek flare juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan kecepatan website di perangkat mobile atau perangkat desktop.

  1. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer karena kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba.Tool ini juga memiliki fitur terbaik yang dapat memblokir request yang sangat bermanfaat untuk menentukan banyaknya overhead yang berasal dari layanan pihak ketiga pada website Anda.

Itulah 5 tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website. Cek kecepatan website adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur oleh para pemilik website. Hal ini untuk mengetahui secara akurat seberapa cepat website Anda. Jika Anda tertarik untuk berpindah hosting agar kecepatan website semakin meningkat, IMSNet.id memiliki beragam paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *