Ketika anda memutuskan membeli sebuah komputer. Salah satu yang harus diperhatikan adalah melihat spesifikasi komputer. Spesifikasi laptop atau komputer adalah deskripsi teknis tentang komponen dan kemampuan komputer, mulai dari kecepatan prosesor, model, hingga keterangan pabrikan. Kecepatan prosesor biasanya ditunjukkan dalam “gigahertz” (GHz). Semakin tinggi angkanya, semakin cepat komputer dalam bekerja. “Random Access Memory” (RAM) biasanya ditunjukkan dalam “gigabytes” (GB). Semakin tinggi nilai RAM di komputer, semakin banyak yang dapat dilakukan secara bersamaan. Ruang “hard disk” (terkadang disebut ROM) biasanya ditunjukkan dalam “gigabytes” (GB) dan merujuk secara umum pada jumlah informasi (seperti dokumen, musik, dan data lainnya) yang dapat disimpan oleh komputer Anda.

Dengan melihat spesifikasi laptop anda akan mengetahui kemampuan yang dimiliki laptop.  Cara mengetahui spesifikasi laptop amat mudah. Berikut beberapa cara melihat spesifikasi laptop maupun komputer

Dengan menggunakan menu setting

Cara yang paling sederhana yaitu dengan melalui menu setting/pengaturan pada perangkat anda. Caranya:

  1. Pertama Buka Settings/ Pengaturan.
  2. Klik System.
  3. Selanjutnya klik About.
  4. Spesifikasi laptop/ komputer Anda akan muncul
Melalui MyComputer
  1. Pilih Windows Exploler ( Windows+E)
  2. Pilih “This PC“.
  3. Klik kanan dan pilih Propertis

Jika benar hasilnya akan.  Akan ada tampilan spesifikasi komputer tentang seri windows, prosesor yang digunakan, RAM, operating system tipe, komputer name, domain, workgroup setting dan lainnya.

Menggunakan DirectX Diagnostic Tool. Cara melihat spesifikasi laptop atau komputer yang ketiga yaitu dengan menggunakan DXdiag.

  1. Buka RUN atau dengan mengklik ‘Windows+R’ pada keyboard Anda
  2. Selanjutnya ketikkan kata “dxdiag” pada kolom “Open:”
  3. Setelah itu pilih dan klik OK
  4. Anda pun dapat melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi komputer Anda.
  5. Pada versi system, Anda dapat melihat spesifikasi pada windows baik 64 atau 32 bitnya.

menggunakan Command Prompt. Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan Command Prompt

  1. Buka Windows Explore dan ketik ‘Command Prompt’ pada search bar,
  2. Kemudian klik Command Promt tersebut
  3. Ketikan system info dan tekan “Enter” pada command prompt

Menggunakan Software CPU-Z. Selain menggunakan fitur bawaan dari windows, anda juga dapat menggunakan software-software yang disediakan oleh pihak ke tiga seperti CPU-Z. Software ini memberikan tampilan informasi spek cukup lengkap dengan proses instalasi yang cukup mudah. langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Sebelumnya anda bisa mengunduh software CPU-Z di beberapa situs seperti CPUID.com kemudian dilanjutkan dengan menginstalnya.
  2. Setelah instalasi sukses dilakukan, anda bisa membuka software tersebut dan melihat secara detail spek dari laptop/PC anda.
  3. Seperti informasi lengkap mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed laptop/PC anda pada kolom CPU.
  4. Apabila anda ingin melihat informasi mengenai mainboard , anda dapat membuka kolom main board yang tersedia pada CPU-Z.
  5. Pada kolom type memory, anda dapat melihat tipe dari memory yang terpasang di laptop/PC anda. sedangkan pada kolom tab SPD, anda dapat melihat informasi lengkap mengenai RAM.

Demikian artikel ini membahas mengenai 5 cara untuk melihat spesifikasi Laptop atau komputer. Semoga bisa membantu kebingungan teman teman semuanya.  Jangan lupa kunjungi artikel yang lainnya dari IMSNet.id untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain premium yang akan menunjang optimasi pemasaan di ranah digital.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *