Saat anda ingin upgrade layanan Shared Hosting, biasanya anda akan dihadapkan pada dua opsi Opsi pertama, yaitu VPS,  jelas lebih murah dan fleksibel. Sementara opsi kedua, Cloud Hosting, sedikit lebih mahal tetapi juga lebih mudah dikelola. Untuk Anda yang memilih mengurus server sendiri memang bisa lebih murah, bahkan harganya tidak jauh beda dengan VPS. Tetapi perlu dicatat aka nada waktu, tenaga dan pikiran yang akan dikorbankan untuk mengurus dedicate server.

Kerugian apa yang tepatnya Anda hadapi ketika harus mengurus server sendiri?
  1. Biaya yang murah diawal

Mengurus server sendiri memang lebih hemat. Akan tetapi, kalau ini hanya kelihatannya saja. secara nominal rupiah, mengurus server memang murah. Tapi kalau bicara soal proses, mengurus server malah memakan banyak waktu dan tenaga. 

  1. Konfigurasi yang terlalu banyak

Ketika anda mengurus server sendiri, itu artinya mengharuskan Anda mengurus semuanya sendiri. Tak cuma di tahap pengaturan awal seperti instalasi control panel saja. berarti Anda harus siap melakukan banyak konfigurasi server mulai dari 0.

  1. Risiko pengaturan root access yang tinggi

Root access ini memiliki hak akses level tertinggi dalam server, jadi Anda bebas melakukan apa saja terhadap computer server. Beberapa pengaturan yang bisa dilakukan seperti: Editing file, Change system server, Setting user privileges, Install software,Server configurations

  1. Rajin backup data

Ketika memutuskan mengurus server sendiri, backup otomatis jadi bagian pekerjaan Anda. Tak cuma backup data website, Anda juga perlu melakukan backup server. Tanpa keduanya, Anda sangat mungkin kehilangan data. Baik yang bentuknya pengaturan server, maupun data dari website

  1. Selalu monitoring performa dan menangkal gangguan keamanan

Kode berbahaya bisa masuk ke jaringan. Serangan hacker (Distributed Denial of Service/DDoS) bisa muncul tiba-tiba. Karena keduanya, website bisa lumpuh seketika. serangan macam ini tak bisa diprediksi datangnya. Semisal bisa diprediksi pun, serangan hacker tetap saja merepotkan. Tak pernah ada waktu tepat untuk meladeni hacker.

Demikian pembahasan mengenai 5 kekurangan mengurus server sendiri. Dari artikel diatas anda bisa memutuskan apakah anda akan mengurus server sendiri atau tidak. Jika anda tidak mempunyai keahlian yang baik dalam urusan server dan pemograman ada baiknya  tidak mengurus server sendiri. Anda bisa menghemat sedikit biaya ketika mengelola server sendiri. Hanya saja, jumlah uang tak seberapa itu tak benar-benar bisa membayar waktu yang hilang.

Jangan ketinggalan, jika saat ini Anda sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website, jangan ragu untuk memilih IMSNet.id yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *