Apa-Manfaat-Iklan-Bagi-Masyarakat

Traffic (lalu lintas orang mengunjungi toko online) adalah hal yang penting bagi sebuah online shop. Ini adalah parameter utama yang bisa menentukan online shop tersebut sukses atau tidak. Ketika sebuah online shop mempunyai traffic yang rendah sudah dipastikan bahwa dagangannya juga tidak akan laku. Idealnya sebuah online shop itu memiliki traffic tinggi dengan tipe pengunjung yang tepat sasaran, sehingga memudahkan terjadinya transaksi penjualan di dalam online shop dan omset menjadi banyak. Dilihat dari perilaku pengunjung website, traffic dibagi menjadi cold traffic, warm traffic dan hot traffic

  1. Cold Traffic

Cold traffic ini adalah orang-orang yang mengetahui online shop Anda dari iklan yang Anda sebar. Baik iklan di Facebook, Instagram , Google, atau media lainnya. Orang-orang yang tergolong “cold traffic” ini biasanya Hanya sekedar tahu tentang brand kita. Biasanya saat mereka langsung ditawarkan dengan produk (hard selling), mereka merasa belum peduli bahkan merasa terganggu. Belum ada keinginan untuk membeli. Tugas kita adalah membuat iklan dan penawaran yang bisa mengubah mereka yang Cuma tertarik saja naik level lebih tinggi mendekati closing (membeli) dengan cara mengubah mereka menjadi “warm traffic”.

  1. Warm traffic

Merupakan pengunjung yang sudah mulai adanya ketertarikan dengan produk dan jasa yang dijual. Pada fase ini seorang calon pembeli sudah mulai ada rasa penasaran. Mereka mencari tahu lebih dalam melalui media sosial, follow Instagram, like fanpage, subscribe email, dsb.  Bahkan, sudah banyak orang yang menghubungi Anda terkait dengan suatu produk yang hendak dibelinya.

  1. Hot Traffic

Hot traffic adalah orang-orang yang sudah membeli produk kita dan puas dengan pelayanan dan produk yang kita jual. Jika sudah banyak memiliki hot traffic, selanjutnya bisa kita follow up supaya repeat order (order lagi). Jika Anda menawarkan produk ke mereka, kemungkinan besar akan membeli. 

Trik untuk mencapai Hot traffic Anda dapat memberikan sebuah diskon jika pelanggan melakukan pembelian ke-2 ataupun ke-3. 

Sebagai contoh sebuah usaha pengisian galon, setiap kali  pelanggan melakukan pembelian akan mendapatkan sebuah kupon, setelah kupon tersebut terkumpul sebanyak 10 buah, maka kupon tersebut dapat ditukar dengan gratis ulang satu kali. 

Demikian artikel mengenai traffic dalam bisnis online. Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan tuliskan di kolom komentar. Jika saat ini belum mempunyai bisnis online dan ingin membuat sebuah website untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Anda dapat menghubungi jasa penyedia layanan pembuatan website kepercayaan Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *