Mengenal Mesin Pencari Selain Google

Ketika Anda sedang mencari sebuah informasi mengenai suatu hal, sebagian besar dari Anda pasti menggunakan mesin pencari Google. Google kini telah menjadi mesin pencari utama yang digunakan oleh sekitar 78% pengguna internet dibandingkan 4 mesin pencari lainnya dengan 4.5 milyar pencarian di tahun 2012. Namun perlu Anda tahu bahwa mesin pencari sebenarnya tidak hanya Google saja. Ada banyak mesin pencari yang perlu Anda tahu, berikut kami berikan informasinya untuk Anda.

Baidu

Mesin pencari yang satu ini sering disebut sebagai “Google-nya China.” Pasalnya, Baidu telah menguasai lebih dari setengah market share di China pada tahun 2018. Selain Baidu, pengguna internet di Negeri Panda menggunakan Bilibili sebagai aplikasi berbagi video untuk menggantikan YouTube. Mesin pencari ini juga bisa kamu gunakan untuk mempelajari bahasa Mandarin karena setiap halaman pencarian Baidu menggunakan aksara Han (Hanzi).

Bing

Bing adalah mesin pencari dengan market share terbesar setelah Google dan Baidu. Hal yang mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah. Ketika Anda mengunjungi halaman depan Bing, Anda akan disuguhi foto beresolusi tinggi yang diambil dari berbagai tempat di dunia. Anda bisa mengubah tampilan ini dengan mengklik tanda < atau > di bagian kanan bawah.

Yahoo! Search

Mesin pencari yang diciptakan pada tahun 1995 ini menjadi pesaing Google di awal 2000an. Selain menjadi mesin pencarian, Yahoo! juga mempunyai layanan lain, seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sports, dan Answers yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Saat ini, Yahoo! sudah bekerja sama dengan Bing dan Microsoft untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, hal ini bisa dilihat dari kesamaan fitur Yahoo! Search dengan Bing, yaitu background mesin pencari yang selalu berganti.

DuckDuckGo

DuckDuckGo mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber yang berbeda. Mulai dari crawler-nya sendiri, situs-situs crowd-source, Bing, Yandex, dan lainnya. Itu mengapa hasil pencarian dari mesin pencari satu ini tetap bisa diandalkan. DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari selain Google paling aman dan sederhana yang bisa kamu gunakan. Sesuai dengan taglinenya, “Privacy, Simplified,” DuckDuckGo menjamin privasi data yang kamu berikan saat melakukan pencarian sehingga jejak pencarianmu tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan. 

Qwant

Mesin pencari satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur unik. Salah satunya, Anda bisa mencari konten dari berbagai website ecommerce dan direktori lewat Qwant. Untuk itu cukup ketikkan “&” disertai huruf awal website yang diinginkan. Misalnya, Anda bisa mencari tablet Kindle di Amazon dengan mengetikkan “&a Kindle Fire 8” dan mengklik pilihan Amazon di ajax yang muncul. Seketika Anda akan dibawa ke halaman katalog di Amazon. Qwant juga memiliki dua produk mesin pencari lain. Keduanya adalah Qwant Junior yang diperuntukkan untuk anak-anak dan Qwant Music khusus untuk mencari lagu dan musik. Terdapat juga Qwant Board, yaitu semacam media sosial untuk memberikan dan menyimpan konten hasil pencarian.

Wolfram Alpha

Mesin pencari ini menampilkan hasil pencarian berupa data dan fakta. Kesemuanya ditampilkan dalam satu halaman. Sekilas, cara kerja mesin pencari ini sedikit membingungkan. Sebab, hasil pencarian yang ditampilkan cenderung sangat ringkas. Akan tetapi, jika Anda memiliki pertanyaan spesifik atau berdasarkan background ilmu tertentu, Wolfram Alpha adalah sebuah jawaban.

StartPage

Keamanan privasi adalah hal penting. Begitu pula dengan hasil pencarian yang lengkap. Karena itulah StartPage ada. Mesin pencari satu ini berhasil menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan Anda. StartPage secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem mesin pencari yang mereka miliki. Dengan begitu, StartPage berhasil menyajikan hasil pencarian paling lengkap di internet. 

Yandex

Yandex merupakan mesin pencari buatan Rusia. Yandex telah berkomitmen untuk membantu konsumen dan pebisnis menjalankan dunia online dan offline dengan lebih baik. Visi ini pun ditunjukkan dengan berbagai fitur dan layanan Yandex. Untuk mesin pencarinya sendiri, Yandex masih mengumpulkan data personal, kata kunci pencarian, dan riwayat pencarian yang dilakukan user. Akan tetapi, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Yandex sengaja mengumpulkan kesemuanya untuk memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Pun data dikumpulkan melalui persetujuan dari user.

CC Search

CC Search adalah solusi untuk mendapatkan berbagai konten gambar dengan lisensi gratis. Lewat mesin pencari satu ini Anda bisa mendapatkan gambar-gambar keren. Gambar tersebut bisa Anda pakai sebagai materi atau pelengkap ilustrasi di berbagai karya Anda. Mulai dari website, presentasi, poster, dan sebagainya.  Untuk sementara CC Search hanya menyediakan konten visual berwujud gambar. Gambar-gambar hasil pencarian di CC Search didapatkan dari 18 website database. Beberapa di antaranya adalah DevianArt, Flickr, SVGSilh, dan Brooklyn Museum. Kedepannya, CC Search akan menambahkan fitur pencarian teks dan audio.

Informasi tambahan, jika Anda mempunyai usaha agar usha anda ditemukan di mesin mesin pencari diatas, segera gunakan website. Nah jika tertarik menggunakan website, kami memiliki rekomendasi penyedia jasa pembuatan website dari bikin.website atau berencana membuat sendiri bisa membeli domain hosting di IMSNet.id. Pesan sekarang juga dan dapatkan promo-promo menariknya.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *