Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online

Salah satu pertimbangan besar para pebisnis online di Indonesia adalah tentang pengiriman. Pengiriman adalah salah satu aspek dari toko online yang membutuhkan strategi yang cermat. Karena strategi pengiriman yang tidak menentu dan ribet dapat dengan mudah membuat marah pelanggan anda.  Dah dalam melakukan pengiriman barang seorang pembeli biasanya akan memperhatikan tentang ongkos pengiriman. Ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pelanggan ketika melakukan pembelian secara online. Pelanggan perlu tahu berapa biaya yang mereka perlukan untuk mengirim barang dari penjual ke alamatnya. 

Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim di website toko online Anda. Selain mengetahui ongkos kirim yang diperlukan, pelanggan juga bisa memilih jasa ekspedisi mana yang ingin digunakan. 

Apakah website toko online Anda belum menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim? Di bawah ini Anda bisa memilih salah satu dari plugin ongkos kirim terbaik untuk website toko online Anda: 

  1. Raja Ongkir

Selain tersedia untuk aplikasi smartphone, Anda juga bisa menambahkan Raja Ongkir di website toko online Anda. Raja Ongkir memungkinkan Anda untuk menambahkan widget ongkos kirim di website Anda secara gratis. Raja Ongkir menyediakan dokumentasi API-nya yang bisa digunakan untuk membuat plugin atau aplikasi ongkos kirim. Beberapa plugin ongkos kirim menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir untuk menyediakan data ongkos kirim di Indonesia.

  1. Epeken

Epeken juga tidak menyediakan versi gratis untuk pluginnya. Namun, Anda bisa mencoba demo plugin ongkos kirim Epeken di halaman demonya. Epeken ialah plugin shipping yang terkoneksi dengan woocommerce. Nama epeken sendiri diambil dari bahasa jawa kromo alus “peken” yang berarti pasar. Plugin ini dikembangkan dari plugin JNE oleh developernya. Pada tahun 2015 Epeken mulai merilis layanan yang dapat terintegrasi dengan lebih banyak kurir. 

  1. WooCommerce JNE Shipping

Plugin ini mempunyai inovasi yang berbeda dari segi pelanggan. Jika anda ingin menyediakan satu jasa ekspedisi saja, anda bisa menggunakan WooCommerce JNE Shipping. JNE Shipping sendiri sudah tersedia dalam tiga versi, yaitu JNE Free, JNE Full, dan JNE Exclusive. Versi JNE Free hanya memungkinkan anda untuk menyediakan pilihan pengiriman menggunakan JNE Regular.

Anda perlu melakukan upgrade ke versi JNE Full atau JNE Exclusive untuk mendapatkan lebih banyak fitur. Beberapa fitur premium yang ditawarkan adalah pilihan jenis pengiriman, terintegrasi dengan WooCommerce POS Shipping, penghitungan berat, widget cek ongkir, WooCommerce JNE Tracking, dan masih banyak lagi.

  1. Woongkir

Woongkir ini menggunakan API dari Raja Ongkir. Plugin ini menyediakan berbagai pilihan kurir, dari POS Indonesia, TIKI, JNE, RPX, PCP Express, Star Cargo, SiCepat, JET Express, SAP Express, Pahala Express, Solusi Ekspres, J&T Express, Pandu Logistics, dan Wahana Express.

  1. OngkosKirim.ID

plugin kelima ini menyediakan versi gratis, versi gratis OngkosKirim.ID masa aktifnya berlaku selamanya. Versi gratis OngkosKirim.ID tentu memiliki batasan. Salah satunya adalah pilihan kurir yang disediakan terbatas. Di versi gratisnya, Anda tidak bisa menyediakan pilihan kurir seperti JNE YES, JNE OKE, TIKI ONS, dan SiCepat BEST. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan pilihan plugin ongkos kirim mana yang bisa Anda manfaatkan. Namun, kita juga perlu memperhatikan satu hal, yaitu bahwa sebagian besar orang Indonesia masih “belum siap” dengan perubahan cara belanja online dimana transaksi sepenuhnya terjadi di dalam website. Namun sebaiknya anda segera beradapatasi untuk menuju generasi yang lebih melek teknologi. Apalagi dimasa pandemi covid-19 yang menyerang seluruh bagian di berbagai Negara. Segera buat toko online anda untuk menghindari kerumunan di masa pandemi ini. Kunjungi IMSNet.id untuk info lebih lanjut mengenai pembuatan Toko Online/ Website bisnis Anda.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *