Ketika anda memutuskan ingin membuat sebuah blog. Langkah langka apa saja yang harus anda pertimbangkan untuk membuat blog tersebut, supaya banyak orang yang mengunjungi dan membaca blog yang anda tulis. Berikut bebrapa tips yang patut anda coba.

  1. Tetapkan tujuan. Tujuan mempunyai pengaruh penting ketika anda mau mendesain sebuah blog. Apakah blog anda berbagi sebuah tips atau hanya berisi agenda perjalanan anda sehari-hari yang anda tuangkan kedalam sebah tulisan blog.
  2. Tentukan stuktur penulisan dan tata letak konten yang ingin anda masukkan seperti gambar header, footer dan slider.
  3. Jangan terlalu mengunakan banyak warna, gunakan maksimal tiga perpaduan warna saja, agar blog anda terkesan ramai, dan membuat lelah para pembacanya ketika melihat.
  4. Memilih skema warna juga harus sesuai agar melengkapi keindahan desain blog kamu. Warna harus membawa makna yang mendalam. Untuk menemukan skema warna ilmiah yang sesuai, mulailah dengan warna utama dan temukan warna tambahan
  5. Tampilkan pula deskripsi singkat tentang blog anda. Anda perlu mengungkapkan tentang keseluruhan blog dalam sebuah kalimat singkat. Mengapa kalimat deskripsi blog harus singkat? Sebab pengunjung Anda perlu tahu blog apa yang sedang mereka baca.
  6. Buat navigasi yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Agar para pembaca baru maupun lama tidak kesulitan jika ingin melihat tulisan anda yang telah lama. Hal ini memudahkan pengunjung untuk pindah dari halaman satu ke halaman yang lainnya.
  7. Gunakan maksimal 3 font untuk penulisan. Jika anda menggunakan lebih dari itu maka blog anda akan terkesan tidak profesional karena akan sanggat berantakan  terlihat.
  8. Jaga kosistensi. Kosisteni ini mencakup warna tema dan font yang diberikan.
  9. Tambahkan gambar. Anda juga perlu menambahkan gambar yang masih berkaitan dengan tulisan Anda. Sebaiknya gunakan gambar-gambar yang jelas copyright-nya. Jika Anda menggunakan gambar milik orang lain, jangan lupa untuk menuliskan sumber di bawah gambar tersebut.
  10. White space Keberadaan white space ini penting agar blog Anda tidak terlihat terlalu ramai. White space juga membantu pembaca agar lebih mudah dalam membaca artikel-artikel blog.

Desain blog yang menarik akan membantu membuat blog menjadi lebih baik. Ini bertujuan untuk menarik para pembaca untuk menyelami blog lebih dalam lagi dan jika blog kamu merupakan blog bisnis, maka hal ini akan sangat menguntungkan karena tujuan utama blog yang menarik adalah agar orang lain senang membacanya. Mendesain blog memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan diperlukan ketelitian. Anda tidak mendesain blog hanya berdasarkan selera saja, tetapi juga berdasarkan pengalaman pembaca dan dari sisi SEO.

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *