wikipedia.org
Apa itu PHP ?

Ketika Anda berencana menjadi seorang Web Developer salah satu bahasa pemrograman yang wajib Anda kuasai adalah PHP. PHP adalah bahasa pemograman yang bisa membuat halaman web bisa diatur dan diolah secara dinamis. PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor PHP merupakan bahasa pemograman yang populer hingga saat ini mengalahkan beberapa bahasa pemograman lainnya.

PHP pertama kali muncul tahun 1994 diciptakan oleh Dr Leonardo Bernard. Awalnya PHP memiliki singkatan “Personal Home Page Tools”, selanjutnya PHP diganti nama menjadi FI (Form Interpreter). Tetapi untuk saat ini PHP sudah bermetamorfosis menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk website terkenal seperti Wikipedia, wordpress , joomla dll.

Fungsi bahasa pemograman php sendiri untuk web digunakan untuk dapat menyesuaikan tampilan konten sesuai dengan situasi. dengan menggunakan beberapa fungsi yang ada di PHP, website bisa berubah menjadi dinamis. Fungsi yang ada dalam PHP biasa disebut CRUD, CRUD kepanjangan dari Create, Read, Update dan Delete.

  • Create adalah fungsi yang digunakan untuk membuat data baru dalam website. Contoh saat Anda melakukan registrasi baru ke website, nah inilah yang dinamakan membuat data baru.
  • Read adalah fungsi yang digunakan untuk membaca atau bisa juga menampilkan data yang berada di database. Kemudian akan ditampilkan sesuai dari request user.
  • Update adalah fungsi untuk melakukan edit data dari dalam database. Contoh saat melakukan edit profil pengguna.
  • Delete adalah fungsi yang digunakan untuk menghapus database. Contoh Anda menghapus profil, komentar dan tindakan sejenis lainnya.
Cara Penulisan PHP
  1. File PHP harus diakhiri dengan ekstensi .php.
  2. untuk script PHP dimulai dengan <?php diakhiri dengan syntax penutup ?>,
  3. Php Comment.  Komentar dalam PHP tidak akan dieksekusi sebagai program. Tujuan menggunakan komentar ini lebih memudahkan untuk masalah dokumentasi program saja.
  4. Variabel dalam PHP biasa dideklarasikan dengan simbol $ dan diikuti dengan nama variabel.
  5. PHP Echo dan Print. fungsinya sama yaitu untuk mencetak nilai ke layar. Tetapi ada perbedaan, fungsi echo tidak mengembalikan nilai. Untuk fungsi print mengembalikan nilai 1 saat dilakukan eksekusi. 

Demikianlah pembahasan mengenai pemrograman web dengan PHP.  Salah satu teknik untuk mengembangkan website adalah menguasai PHP. PHP adalah bahasa pemrograman yang bisa membuat halaman web bisa diatur dan diolah secara dinamis. PHP juga memiliki aturan menulis tertentu. Jika Anda ingin membuat website tanpa harus ribet mengenai PHP, Anda bisa menghubungi IMSNet.id

admin blog

0 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *